Makna Dialik Logo HUT RI ke 70

Logo HUT RI ke 70
Tugu Nol Kilometer Kota Sabang, Aceh, menjadi saksi bisu peluncuran Logo HUT RI ke 70 Tahun sekaligus pencanangan gerakan “ayo Kerja” oleh Presiden Jokowi. Logo ini bertemakan “ayo kerja” dengan desain menyerupai kepala burung garuda yang terletak diatas angka angka 70

Namun setelah diluncurkan sejak 10 Maret 2015 silam, banyak pro dan kontra terhadap logo tersebut.

Dikutip dari sambutan Jokowi pada pencanangan Gerakan Ayo Kerja dan Peluncuran Logo HUT RI ke-70. "Kerja yang saya maksud bukanlah bukan semata mata kerja biasa. Kerja dilakukan dengan keinsafan akan kekuatan dari persatuan Indonesia. Kerja yang dilakukan dengan gotong royong. Gotong royong dari seluruh anak bangsa tanpa kecuali. Gotong royong bukan hanya urusan rakyat, tapi para pemimpinlah yang pertama dan terutama harus mampu memberikan contoh bergotong royong dalam kerja. Karena kita yakin bahwa tantangan besar yang dihadapi bangsa Indonesia hari ini dan arah nasional, regional dan global memerlukan upaya bersama yang menyiptakan seluruh rakyat Indonesia dan Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Pulau Rote." tutur Bapak Jokowi.

Menurut pembuatnya, Shafiq Muljanto. “Ide besarnya sebenarnya kami ingin memberikan sesuatu yang simple dan mudah,” jelasnya. 

“Salah satu pesan yang ingin kami sampaikan adalah lewat lambang lingkaran ini, bahwa kerja itu tidak pernah berhenti. Dan ini sejalan juga dengan jargon yang dicetuskan oleh presiden kita, ‘Ayo Kerja’. Terakhir kami tambahkan bayangan itu artinya adalah sebuah perjalanan panjang, 70 tahun,” ujar alumni ITB itu.

Ia pun menilai usia 70 tahun bagi sebuah negara adalah hal yang besar. “70 tahun itu bukan angka yang kecil, bila dibandingkan dengan Uni Soviet saja tidak sampai 70 tahun. Kita jauh lebih sustain dengan segala macam permasalahan, keanekaragaman,” urainya.
Kemudian mengenai komentar miring terhadap logo yang dibuatnya itu, Shafiq tidak mempersoalkan. Justru ia senang jika ada yang mengomentari. Sebab itu membuat sebuah conversation.

Ya, itulah sedikit kutipan tentang Makna Dibalik Logo HUT RI ke 70.
70 tahun indonesia telah merdeka. Yang terpenting bukanlah “logo dan makna” tetapi "Berdiri dan Bangkit" jadikan di ulang tahun indonesia yang ke 70 ini, sebagai awal dari perubahan ke arah yang lebih baik. Bangsa yang besar adalah bangsa yang mampu memperbaiki diri. 
Selamat ulang tahun Indonesia. Semoga Cita-citamu terdahulu dapat cepat terkabul.


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar