5 Alasan Memilih Linux

Linux cute
Bagi sebagian orang, Linux Mungkin Masih terdengar asing. Padahal, linux memiliki kelebihan yang mungkin tidak dimiliki sistem operasi lain. Dalam keempatan kali ini saya akan membahas tentang “5 Alasan Memilih LINUX” langsung saja.

Gratis
Karena Linux berada dibawah License GNU (Gnu Not Unix), Maka anda dapat memperoleh program lengap dengan Source Code. Bahkan anda dapat meng-copy, mengubah, menyebarluaskan Source Code (kode sumber) sesuai keinginan anda dan sebanyak-banyaknya tanpa takut membayar denda atau membayar sewa. Karena hal tersebut adalah hal yang dilegalkan.

Aman
sampai postingan ini berhasil di publikasikan, Terhadap serangan virus, Linux lebih aman dibanding windows walaupun linux tidak terinstal antivirus.
MENGAPA LINUX BISA LEBIH TAHAN TERHADAP VIRUS???
1. User Privileges
Secara Default, user di linux tidak diberi kebebasan melakukan kegiatan yang berhubungan dengan system, kecuali root atau super user. Karena hanya “root” yang dapat mengakses dan mengubah file-file yang berada dalam system. jadi jika ingin melakukan kegiatan yang berhubungan dengan file system seperti install program, mengedit system, mengubah driver, dan kegiatan lain, harus dengan seizin “root” atau memiliki akses “su-command”
2. Package Manager
Linux memiliki repository, atau package manager yang berisi aplikasi-aplikasi siap instal yang telah diuji coba sebelum di distribusikan. Jadi aplikasi-aplikasi yang telah berada di dalam Package Manager dijamin aman untuk di instal tanpa takut terselip virus jahat.
3. No Registry
Registry menjadi tempat persembunyian virus lainnya, Virus biasanya menyembunyikan informasinya di dalam registry windows. Sehingga ketika kita sudah menghapus file virus, maka file tersebut akan ada lagi dan kadangkala file virus tersebut tidak bisa terhapus. Berbeda dengan Linux, Linux tidak memiliki system registry layaknya windows, yang ada hanyalah konfigurasi-konfigurasi file dan itupun hanya yang memiliki akses root yang bisa mengubahnya.

Dan lain sebagainya

Aplikasi Beragam
Dalam linux aplikasi-aplikasi yang tersedia sangat banyak dan beragam, dan yang paling penting, tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli License alias gratis. Sebagai contoh untuk aplikasi perkantoran linux memiliki libreOffice, Apache OpenOffice, Kingsoft, dan lain-lain.

Tampilan Dinamis
Karena linux open source, maka siapa saja bebas mengubah system sesuai keinginan. Termasuk tampilan yang digunakan. Mulai dari tampilan login screen, file manager, icon aplikasi, dan interface lainnya Tanpa takut melanggar license yang ada.

Hardware Kompetibel
Linux dapat membaca segala jenis hardware yang terhubung tanpa takut driver hardware crash atau corrupt. Sebagai contoh, dapat membaca, menulis, menyalin, menghapus dan memanipulasi data yang berada di partisi Microsoft Windows di drive hard disk yang sama (HDD), dan dapat bertindak sebagai server Windows untuk jaringan yang terdiri yan memiliki client windows,  disk format untuk digunakan dengan Windows , dan bahkan menjalankan program Windows langsung jika diperlukan. Sebaliknya, sistem operasi Microsoft Windows tidak dapat mengakses partisi HDD yang berisi sistem operasi lain, melakukan  format disk untuk sistem operasi lain, dll.


Iya itulah 5 Alasan mengapa anda dianjurkan untuk memakai linux. Jadi kesimpulannya, anda lebih baik menggunakan linux daripada harus memakai program bajakan.
Cukup sekian postingan kali ini. Tentang “5 Alasan Memilih Linux

Sampai Jumpa :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar